Bukti Nyata Tertawa Itu Sangat Menyehatkan

Bukti Nyata Tertawa Itu Sangat Menyehatkan

Jumat, 16 September 2011
Mitos dan ungkapan bahwa tertawa itu baik untuk kesehatan ternyata memang benar. Kebenaran asumsi tersebut dibuktikan lagi lewat bukti penelitian berikut. Ilmuwan Inggris melakukan pembuktian atas mitos tersebut dengan dua jenis tes. 

Terawalah sepuasnya karena itu menyehatkan

Tes pengaruh tertawa terhadap tubuh ini menggunakan partisipan atau biasa disebut ‘kelinci percobaan’.

Tes yang pertama mudah, yakni menonton film komedi Friends, si konyol Mr Bean atau acara lain yang tak bernuansa humor seperti pertandingan tinju, dan biografi. 

Tes kedua, menonton secara live aksi pelawak (seperti Opera Van Java live) atau drama. Perbedaan dengan tes pertama, partisipan dilatih keras terlebih dahulu sebelum menjalan tes kedua. Latihan tersebut seperti berdiri dalam posisi ‘aneh’ dan duduk di bangku yang tak nyaman. 

Tujuannya hanya menciptakan rasa pegal, tak nyaman dan sakit. Nah, setelah melakukan latihan keras dan tes kedua. Partisipan mengaku rasa pegal, nyeri dan tak nyaman berkurang sampai dengan 10 persen setelah terbahak-bahak menonton komedi secara live tersebut. Meski menonton film humor bisa mengurangi efek sakit, kadarnya tentu berbeda-beda. 

Tergantung filmnya dan seberapa terpingkalnya kita saat menontonnya. Sebenarnya, apa yang memicu tubuh menjadi sehat saat tertawa? Saat tertawa, tubuh akan memproduksi hormon endorfin dkk yang bisa mengurangi stres pikiran dan rasa sakit akibat nyeri, dsb. 

Selain mengurangi, hormon ini juga membuat perasaan menjadi gembira. Hati yang gembira adalah obat yang manjur bukan? Tapi tentu saja, tertawa yang paling baik adalah tertawa yang alami. Bukan yang dibuat-buat, dipaksakan atau bahkan karena pengaruh narkoba. 

Denger-denger nih ada penelitian yang bilang bahwa orang bisa stres karena terpaksa tertawa atau tersenyum. Contoh: Marketing dan teller pada Bank.

Diposting Oleh : ADI WIBOWO @ Tangandunia - Kumpulan Artikel Menarik

Artikel Bukti Nyata Tertawa Itu Sangat Menyehatkan Semoga bermanfaat bagi sobat blogger . Terimakasih atas kunjungan Sobat Blogger yang bersedia membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar di bawah ini. Sekali Lagi saya Ucapkan Terima Kasih .

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Tinggalkan komentar anda di sini !! Kritik dan saran AGAN sangat di perlukan.